Materi 8. Mahasiswa unusa dalam generasi Aswaja an-nahdiyah


 Pengertian dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah 

* secara bahasa adalah suatu jalan walaupun tidak diridhlai. 

*Jamaah adalalah  sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran yang berdasarkan al-qur'an dan hadist, dam mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang setia mengikuti mereka (tab'iin) walaupunjumlah mereka sedikit. 

*Ahlu sunnah wal jama'ah adalah Golongan yang berpegang teguh dengan al-qur'an dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahamidan mengamalkan islam. Termasuk dalam golongan mereka para rosul,  tabi'in , tabi'it, tabi'in kaum ulama sunnah dan para pengikut mereka (dari semua lapisan umat) sampai hari kiamat. 

    Tradisi Nu dalam mazhab , secara spesifik Nu merumuskan aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalam berakidal dalam mengikuyi salah satu dari imam: Al- asy'ari dan Al maturidi . Dalam ubudiyah mengikuti 4 mazhab (imam maliki, iman syafi'i , iman hambali , imam hanafi). 

* Nahdlatul ulama' adalah organisasi agama islam yang mengikuti paham ahlus sunnah wak jama'ah dan terbentuk pada tahun 16 Rajab 1344/31 januari 1926 di surabaya. 

Visi: menjadi penyedia informasi ke-NU an dan keislaman yang menyejukkan dan terpercaya

 misi: menjadi pilihan pertama untuk memperolwh informasi ke-NU AN dan keislaman yang terpercaya.

 Empat dasar prnsip NU 

#tawassuth/moderat

# tasamuh/ toleransi

#l'tidak/ adil dan tegak lurus

# tawazun/ keseimbangan

    Al Isnaadu Minad Diin 

 #bergurudam memiliki sanad keilmuan adalah bagian dari agama. #Barang siapa yang belajar tanpa guru maka dia berguru kepada setan. #Sanad keilmuan sebagai ketersambungan silsilah keilmuan dan murid kepada sang guru. 


Instagram


Fecebook


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi 1:Mahasiswa Bebas Narkoba Untuk Mendukung Generasi Rahmatan Lil Alamin Unusa

Pengenalan kampus UNUSA

Ramadhan Kareem 1445 H